Well, masih disini dengan orang yang sama dan masih membicarakan hal yang sama😀. Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan bahwa menggunakan geogebra, kita tidak hanya bisa membuat animasi-animasi jejak lingkaran saja tetapi dengan geogebra kita juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada hubungannya dengan aplikasi ini, seperti pada soal berikut :
SOAL
1. Tentukan titik puncak, sumbu simetri, titik fokus, dan gambar grafik dari persamaan berikut (y-x)2= 8(x-1). Gunakan geogebra !
Cara Menyelesaikan :
1.) Input data soal yang terletak di bagian kiri bawah,
2.) Input data y=x
3.) Pilih Reflect about line kemudian tekan garis soal + garis y=x
4.) Pilih Reflect about point kemudian tekan soal + tempat lain selain garis
5.) Lalu tekan Rotate around point kemudian tekan soal + titik A
6.) Untuk mempermudah membacanya, lakukan rename pada tiap point yang merupakan titik puncak, titik fokus, dan sumbu simetrinya.
Dari langkah-langkah diatas, didapatkan gambar grafik seperti gambar berikut
Maka didapatkan titik puncak (1.39,-0.37), sumbu simetri -x-y=0, dan titik fokus (3.04,1.13).
2. Tentukan titik puncak, sumbu simetri, titik fokus, dan gambar grafik dari persamaan berikut (y+1)2= -4(x-3). Gunakan geogebra!
Cara Menyelesaikan :
1.) Input data soal yang terletak di bagian kiri bawah.
2.) Pilih Segment untuk membuat garis dari titik B ke C
3.) Klik Midpoint or Center untuk membuat garis tengah antara titik B dan C
4.) Klik Perpendicular line kemudian tarik
5.) Buat garis simetri x=4
6.) Untuk mempermudah dalam membaca, lakukan rename di point yang merupakan titik puncak, titik fokus, dan sumbu simetri.
Dari soal tersebut didapatkan bahwa titik puncak (3,-0.88), titik fokus (-1.98,-0.99), dan sumbu simetri x=4. Sehingga gambar grafiknya seperti dibawah ini !
3. Sebuah garis x-2y-2=0 dicerminkan terhadap sumbu y dan kemudian dirotasikan terhadap titik (0,0), 90o. Gunakan geogebra untuk menentukan persamaan dari refleksi dan rotasi, gambarlah garis tersebut.
Cara Menyelesaikan :
1.) Input data soal yang terletak di bagian kiri bawah.
2.) Input y=0
3.) Klik Reflect about line. Tekan dari garis soal lalu ke garis y
4.) Rotasikan pada titik (0,0) dan point di titik 0
5.) Klik Rotate around point. Maka terbentuk garis pencerminan ( garis baru ), garis rotasi dan garis asli seperti gambar dibawah ini
Dengan Keterangan :
* Warna merah muda adalah hasil refleksi
* Warna coklat adalah hasil rotasi
4. Buatlah sebuah bangunan rumah dengan menggunakan geogebra dan buatlah jaring dari bangunan tersebut!
Cara Menyelesaikan :
1.) Klik view lalu pilih 3D graphics
2.) Klik kanan pilih Grid
3.) Klik Polygon untuk membuat persegi empat ditengah area 3D
4.) Klik Extrude to prims or cylinder dan tentukan berapa ketinggian bangun tersebut sesuai yang kalian inginkan
5.) Klik Pyramid untuk membuat atap dari rumah
6.) Klik Extrude to pyramid or cone
7.) Untuk membuat jaring-jaring pada bangun tersebut, gunakan menu Net
Keterangan
* Tanpa Jaring-jaring
* Dengan Jaring-jaring
Demikian cara membuat animasi jejak " Kincir Angin ". Matematika itu menyenangkan bukan?😉 Semoga bisa bermanfaat, terimakasih buat kalian semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca😊😊
Oleh : Dharul Jannah, Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018
Salam Matematika... The King of Science! 😍
Oleh : Dharul Jannah, Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018
Salam Matematika... The King of Science! 😍
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar